Raden Haji Suryakencana putra Pangeran Aria Wiratanudatar

Sahabats..

Raden Haji Suryakencana ra. yang nama lengkap beliau Raden Suryakencana Winata Mangkubumi merupakan seorang putra Pangeran Aria Wiratanudatar (pendiri kota Cianjur) yang beristrikan seorang putri jin.

Menurut babad Cianjur, Pangeran Surya Kencana dinikahkan oleh ayahnya dengan salah satu putri dari bangsa jin dan hingga kini bersemayam di Gunung Gede. Hal yang sama terjadi pula pada putri Jayasasana lainnya , Ny. R. Endang Sukaesih yang bersemayam di Gunung Ceremai dan R. Andika Wirusajagad yang menguasai Gunung Karawang.

Konon kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan tempat bersemayam Pangeran Suryakencana. Sejarah dan legendanya merupakan kepercayaan masyarakat di sekitar, yaitu tentang keberadaan Eyang Suryakencana dan Prabu Siliwangi di Gunung Gede.

Petilasan singgasana Pangeran Suryakencana berupa sebuah batu besar berbentuk pelana. Hingga kini, petilasan tersebut masih berada di tengah alun-alun. Beliau bersama rakyat jin menjadikan alun-alun sebagai lumbung padi yang disebut Leuit Salawe, Salawe Jajar, dan kebun kelapa salawe tangkal, salawe manggar.

Kawasan yang dipercaya oleh kalangan praktisi supranatural sebagai wilayah kekuasaan Eyang Surya Kecana dan karuhun Sunda lainnya adalah:

1. Kawasan Gunung Gede merupakan tempat bersemayam Pangeran Suryakencana. Beliau bersama rakyat jin menjadikan alun2 sebagai lumbung padi yang disebut Leuit Salawe, Salawe Jajar, dan kebun kelapa salawe tangkal, salawe manggar. Petilasan singgasana Pangeran Suryakencana berupa sebuah batu besar berbentuk pelana. Hingga kini, petilasan tersebut masih berada di tengah alun-alun, dan disebut Batu Dongdang yang dijaga oleh Embah Layang Gading. Sumber air yang berada ditengah alun-alun, dahulu merupakan jamban untuk keperluan minum dan mandi.
2. Kawah Gunung Gede yang terdiri dari, Kawah Ratu, Kawah Lanang, dan Kawah Wadon, dijaga oleh Embah Kalijaga.
3. Embah Serah adalah penjaga Lawang Seketeng (pintu jaga) yang terdiri atas dua buah batu besar. Pintu jaga tersebut berada di Batu Kukus, sebelum lokasi air terjun panas yang menuju kearah puncak.
4. Eyang Jayakusumah adalah penjaga Gunung Sela yang berada disebelah utara puncak Gunung Gede.
5. Sedangkan Eyang Jayarahmatan dan Embah Kadok menjaga dua buah batu dihalaman parkir kendaraan wisatawan kawasan cibodas. Batu tersebut pernah dihancurkan, namun bor mesin tidak mampu menghancurkannya. Dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, terdapat petilasan/ makam Eyang Haji Mintarasa.
6. Konon, Eyang Suryakencana menyimpan hartanya dalam sebuah gua lawa/walet yang berada di sekitar air terjun Cibeureum. Gua tersebut dijaga oleh Embah Dalem Cikundul. Tepat berada di tengah-tengah air terjun Cibeureum ini terdapat sebuah batu besar yang konon adalah perwujudan seorang pertapa sakti yang karena bertapa sangat lama dan tekun sehingga berubah menjadi batu. Pada hari kiamat nanti barulah ia akan kembali berubah menjadi manusia.

About these ads

62 Tanggapan

  1. gile gue kaget setelah gue baca ternyata dia yang megang gunung gede ,,,,

  2. ass, sobat….sy pengen mengetahui silsilah Eyang Raden Suryakencana

    • ass ww…mas indra,maap………mengenai silsilah Raden surya kencana sy berkeyakinan ada banyak versi tentang beliau.akan tetapi sy yakin semoga semua yg berargument tentang beliau punya niat baik untuk meluruskan sejarah dan pribadi sy termotivasi untuk menyingkap tabir ini,krn versi sy secara pribadi YAKIN…beliau masih jumeuneung…dan keberadaan beliau sangat privacy…

      • Setuju kang, Surya Kencana Memang banyak versi, dan itu wajar karena memang ada dua nama Surya Kencana. Yaitu yg pertama, Eyang Surya Kencana yang bersemayam di Gunung Gede, merupakan anak dari Dalem Wiratanu Datar hasil pernikahan dari wanita bangsa Jin. Dan yang kedua adalah Prabu Surya Kencana, Raja Pajajaran terakhir, sebelum ditaklukan oleh koalisi Kesultanan Cirebon dan Banten. Beliau bersemayam di daerah Kaduhejo atau Menes, kabupaten Pandeglang.. Mohon diluruskannya apabila Saya keliru.. Terima Kasih.

      • Ehmm jadi pengen tau neh.. :), Saya kebetulan lahir di salah satu wilayah sukabumi dikaki gunung gede, kalau saya pernah denger cerita dari orang tua sendiri dan kebetulan mantan sesepuh dikampung tersebut dari keturunan keluarga bpk saya katanya bahwa buyut saya sendiri yaitu dari prabu suryakencana yg ada di gunung gede. dan beliaupun pernah menceritakan kpd saya bermimpi bertemu dengan Prabu Suryakencana sampai2 dalam mimpinya disuruh dateng untuk mengambil “sesuatu” (wallahualam) dan itu diceritakan ke saya sendiri.
        Dari uwa saya dan yang pernah saya tau ada yang bisa secara gaib berdialog (tapi beliau skrang sdh almarhumah) dan yang lain dari Uwa sayapun adalah salah satu istilah orang “kuncennya” gunung gede (almarhum) dan sekarang dilajutkan oleh anak2nya.
        Saat ini sih keluarga besar biasa saja mengenai silsilah keturunan tersebut, hanya saja saya suka penasaran dibebarapa website serupa selalu ada menceritakan hal seperti ini…

        Semoga Bermanfaat.

  3. ya.trimakash bnyk dgn adanya situs web..saya sbgai org cjr sngat awam dgn sjrah cjr.dgn adanya situs ini sya jdi tau persis sjrh cjr .trimakash

  4. asalamualaikum, sy adalah salah seorang yg terobsesi dgn sejarah RADEN SURYA KENCANA,dan sy berkeyakinan beliau masih hidup sampai saat ini,masih jumeuneung…..dgn asumsi pernikahannya dgn salah satu putri dari bangsa jin yg berimbas pada kelanggengan beliau dgn limit wkt tertentu,dan apabila ada sobat yg ada info trkait misteri ini,mhn di email k sy,wa alaikum salam.

    • asalamualaikum…kalau anda percaya sayapun percaya bahwa Eyang Suryakencana beristrikan dari bangsa jin…dan saya percaya lebih dari 100%…

    • saya dan team ada panggilan bathin dari eyang surya kencana,makanya insyalloh rabu bsk kita dan team akan ke gunung gede semoga dapat petunjuk dan dapat mengetahui siapa sebenarnya eyang surya kencana

    • memang benar masih hidup…

  5. ass…..s0bat,,,
    yg mau sya tnyakan,trunan kbrapa R.Dalem Aria Wangsa Gomparana……????
    dan apakah R.Alibasjah putra pertama dri R.Bama Dinata Demang Cihelang…..???

  6. dl ibu sy srg bercrt ttg rd.eyang h.surya kencana.. malah kl ibu sy skt krs..srg tawasul kpd rd.e h.suryakencana & sembuh..mlh dulu ibu pnya keris…tp krn krs itu hrs dirwt…tp krn tak snggup mrwtnya mk keris tsb dititipkan pd org pintar..ibu sy bin rd. sastra atmaja bin rd. sastrwijaya bin rd.wangsa sudira bin rd.h e nasir dipawangsa bin rd.e arya wiratnudtar (k d cikundul) ibu sy ktrnan ke7 dr istri tua (kt ibu sy) skrg ibu sy sdh wafat thn 2010….sy mencari silsilah rd.e.h nasir dipawangsa..brngkali ada yg tau..

    • Assalamu’alaikum Wr. Wb.
      Sebelumnya perkenalkan saya Robby, saya ingin tanya mengenai keris tersebut, bentuknya seperti apa? dan sekarang dititipkan ke siapa, karena saya sendiri sedang mencari warisan keris dari Eyang Surya Kencana, karena semua itu ada kaitan dengan keluarga saya,,,Trims

    • Coba temui kake saya di sukabumi, di desa cikembar, bojong kembar,cibadak..Abah Rd.Haji Muhammad Anwar (ABAH HAJI PESANTREN IJO)

    • cari yg namanya Raden Aang Sobandi Swartadinata bin Raden Suryadinata

    • Saya turunan dari raden soerya pradja,yg bermakam di sukabumi,kakek saya ahmad gadzali,saya ada silsilah dari bahan kulit binatang yang konon katanya masih turunan rd arya wiratanudatar cianjur… cuma saya hanya pegang copyan nya saja… mohon informasi lbh lanjut untuk turunan rd hj suryakencana…

    • kamu jngn taksub sangat dengan suma itu,kalau kamu mahu tau tentang siapa silsilah r.surya tsb silakan cari misteri itu d bt,tulis bogor

  7. saya kepengen th silsilah berdirinya kota cianjur.

  8. Alm Nenek sy asli trah cikundul sy ingin mencari kbradaan krbat” alm nenek yg msh satu trunan

  9. ada yang punya sejarah raden arya wiratanudatar III?

  10. SAYA MIMPI KE ATAS GUNIUNG TAPI ADA LAPANGAN LUAS SAMA SEORANG NENEK, KETEMU CAHAYA PUTIH KEEMASAN, DI BAWAH CAHAYA CAHYA KELUAR MACAN PUTIH, ADA APA YA

  11. Slam knal buat smua saudara seiman dan seislam,,
    trutama orng cianjur,,
    allohu akbar,,mri kt tingkat kn tali siraturahmi kt…

  12. wah menarik nih, soalnya saya juga masih ada keturunan Rd. aria wiratanudinatar.

  13. saya umur 23 tahun, kebetulan saya lg mempelajari sejarah sunda dan kerajaan pajajaran

    • Maaf mas , Bukan saya tidak ingin mengasih tau , tapi memang saya sudah di amanatkan untuk tidak boleh mengasih tau orang lain tentang silsilah Keturunan dan Kerajaan dari saya

  14. saya sangat percaya karena saya merupakan turunannya

  15. Assww,adakah silsilah turunan Eyang H.Suryakencana?trmksh

  16. Assww,tahukah silsilah keturunan Eyang H.SURYAKENCANA?trmksh

  17. ada yang bilang saya adalah keturunan dari Raden surya kencana, namun wallahualam saya masih menyangsikannya barangkali ada yg bisa memberitahu silsilah dari beliau

  18. assalamualaikum,saya orang plered purwakarta,dan di desa saya ada juga makon eyang haji,yang saya mau tanyakan eyang haji sama plered hubungannya apa?

  19. assalamu’alaikum nama saya aman faturachman tertarik dengan cerita asal mulai cianjur ,, dan yang saya tanyak kenapa bapak saya rd sobarna (dari cikalongkulon) bin rd sadikin bin ariawitanu VIII bin rd Abas bin rd enoh dst tidak disebut dalam babad cianjur. mohon balasan tks

  20. banyak bacot lu…….

  21. assalamuailkum. menurut informasi yang saya terima PRABU SURYA KENCANA, memang dari awal RAJA KERAJAAN JIN ISLAM yang ada di Gunung Gede & merupakan KERAJAAN JIN ISLAM yang terbesar di dunia dengan jumlah penduduk JIN nya mencapai 600juta yang tersebar di seluruh dunia . Beliau mempunyai 3 orang anak 2 laki & 1 wanita. Beliau Prabu SURYA KENCANA sudah Moksa. lalu dilanjutkan oleh anak BELIAU yang pertama yang bernama………… (maaf saya memberitahu nama beliau)
    saya mendapat infromasi ini dari anak beliau yang merupakan teman saya, sahabat saya, juga guru saya/ sekarang Gumelar jadi manusia.

    • Ehmm jadi pengen tau neh.. :), Saya kebetulan lahir di salah satu wilayah sukabumi dikaki gunung gede, kalau saya pernah denger cerita dari orang tua sendiri dan kebetulan mantan sesepuh dikampung tersebut dari keturunan keluarga bpk saya katanya bahwa buyut saya sendiri yaitu dari prabu suryakencana yg ada di gunung gede. dan beliaupun pernah menceritakan kpd saya bermimpi bertemu dengan Prabu Suryakencana sampai2 dalam mimpinya disuruh dateng untuk mengambil “sesuatu” (wallahualam) dan itu diceritakan ke saya sendiri.
      Dari uwa saya dan yang pernah saya tau ada yang bisa secara gaib berdialog (tapi beliau skrang sdh almarhumah) dan yang lain dari Uwa sayapun adalah salah satu istilah orang “kuncennya” gunung gede (almarhum) dan sekarang dilajutkan oleh anak2nya.
      Saat ini sih keluarga besar biasa saja mengenai silsilah keturunan tersebut, hanya saja saya suka penasaran dibebarapa website serupa selalu ada menceritakan hal seperti ini…

      Semoga Bermanfaat.

  22. sobat sy ingin tahu, kalau Pangeran Aria Wiratanudatar putra siapa dan seterusnya. saya penasaran. nuhun.

  23. Yang saya tau dari silsilah keluarga dan keturunan eyang Surya Kencana , Pendiri Kerajaan Pakuan Bogor Sampai Saat ini ia masih menjaga saya , Karena tidak ada perbedaan jauh Darah beliau dengan saya (Keturunan).

    • Sekedar menambahkan. Pakuan adalah nama tempat yang sekarang bernama Bogor. “Pakuan” dipakai untuk menyebut nama dan ibukota Kerajaan Sunda yang didirikan oleh Prabu Tarusbawa, yang adalah menantu dari Raja Tarumanegara terakhir yaitu Prabu Linggawarman.
      Jadi nama tempatnya adalah Pakuan, sedangkan nama kerajaanya adalah Kerajaan Sunda.

  24. Hai- hai, saya mau berbagi sedikit neh, mudah2an bermanfaat. Mohon diluruskan kalau salah…

    Surya Kencana Memang banyak versi, dan itu wajar karena memang ada dua nama Surya Kencana.

    Yaitu yg pertama, Eyang Surya Kencana yang bersemayam di Gunung Gede, merupakan anak dari Dalem Wiratanu Datar hasil pernikahan dari wanita bangsa Jin.

    Dan yang kedua adalah Prabu Surya Kencana, Raja Pajajaran terakhir, sebelum ditaklukan oleh koalisi Kesultanan Cirebon dan Banten. Beliau bersemayam di daerah Kaduhejo atau Menes, kabupaten Pandeglang..

    Mohon diluruskannya apabila Saya keliru.. Terima Kasih.

  25. Ehmm jadi pengen tau neh.. :), Saya kebetulan lahir di salah satu wilayah sukabumi dikaki gunung gede, kalau saya pernah denger cerita dari orang tua sendiri dan kebetulan mantan sesepuh dikampung tersebut dari keturunan keluarga bpk saya katanya bahwa buyut saya sendiri yaitu dari prabu suryakencana yg ada di gunung gede. dan beliaupun pernah menceritakan kpd saya bermimpi bertemu dengan Prabu Suryakencana sampai2 dalam mimpinya disuruh dateng untuk mengambil “sesuatu” (wallahualam) dan itu diceritakan ke saya sendiri.
    Dari uwa saya dan yang pernah saya tau ada yang bisa secara gaib berdialog (tapi beliau skrang sdh almarhumah) dan yang lain dari Uwa sayapun adalah salah satu istilah orang “kuncennya” gunung gede (almarhum) dan sekarang dilajutkan oleh anak2nya.
    Saat ini sih keluarga besar biasa saja mengenai silsilah keturunan tersebut, hanya saja saya suka penasaran dibebarapa website serupa selalu ada menceritakan hal seperti ini…

    Semoga Bermanfaat.

    • maaf boleh tau silsilah keluarga anda gag… sya arief tinggal di lenteng agung, bpk sya lahir di sukabumi tepat na di sudajaya. dan sya juga ingin mengetaui silsilah leluhur sya, menurut cerita bpk.. sya jga keturunan dari Rd.Sastra wirya yg menurut cerita saudara dari Rd.Surya kencana yg bersemayam di gunung gede. tapi saya belum mengetahui hubungan pasti nya apa dengan Rd.surya kencana.. boleh minta info lbih lanjut tidak..?thanks…

      • Kang Arief, mengenai silsilah mungkin saya tdk bisa secara panjang lebar nulis ndiblog ini, kalau ortu kg arief tinggal di sudajaya mungkin tau juga daerah selabintana(sudajaya girang), nah saya asli orang sana atau mungkin juga ortu kg arief juga kenal.
        Almarhum ortu saya salah satu sesepuh di daerah tersebut.
        Saya komentar di blog ini hanya sekedar berbagi saja karena banyak sekali blog sejenis yg menceritakan hal seperti ini dan saya pun penasaran.. kok banyak sekali yg merasa keturunan dari RD.Surya kencana tapi mungkin juga benar (mungkin kg arief bisa baca2 sejarah sunda).

  26. assalamualaikum… para sahabat ….
    yang ga’ habis pikir d’cerita yang d’atas itu sama cerita sama eyang buyut saya yang bernama raden pangeran surya tapi saya sebagai cucu dari raden pangeran surya ga’ tau makam dari leluhur saya tolong kalau ada yang tau tolong kasih unjuk dong…
    dan itu sebagai silsilah dari keluarga saya d’atas junjungan yaitu raden pangeran surya…

    • Dear kang Virman,
      Coba cari didaerah krecak lewiliyang bogor R.Surya Winata siapa tau ybs bs menjelaskan yg akang maksud

  27. Benarkah raden surya kencana mirip dgn sunan x jaga

  28. Dulu saya melihat sosok kumis tipis ada bulu d bawah bibir sedikit pakai jas hitam dgn kancing besar dan mekai batik di bawahnya dikanannya ada binatang putih dgn bulu sangat lebat sampai menutupi matanya. Org itu menatap saya kira2 ada lbh kurang 2 menit dia berada di awank2. dan sangat ganteng dan mirip ft sunan x jaga.. karna kumisnya tipis rapi kayak zorro kira2. sangat aneh karna saya menutup mata jg keliatan . .

    • SAMPURASUN,,KASDAYANA DULUR KURING,MUNG SARA BAE KA DULUR SADAYA UPAMI HOYONG KAJELASAN LEREUS ATANAPI LAIN DULUR TURUNAN PARA KARUHUN ETA MANGGA SHOLAT HAJAT NYUHUNKEN PITUNJUK TERAS HADIYAHAN KA ETA KARUHUN URANG INSSAALLOH AYA PITUNJUK KER KA URANG,AMIN.HATUR NUHUN

    • banyak yg ngaku keturunan.
      tp saya ingatkan keturunan suryakencana itu memiliki pusaka asli eyang suryakencana.
      keris sepasang berlambang garuda.
      tolong tirakat minta ditemui eyang suryakencana agar kalian tau apakah kalian benar keturunanya.

  29. Mengenal sejarah boleh saja, asal tidak mendekatkan kita pada kemusyrikan…..

  30. makasih , buat artikelnya :) kenyataannya juga memang bener ya :)

  31. emang penting sejarah islam itu.

  32. PUNTEN ,ABDI NATA WIJAYA KUSUMAH,MANAWI LEUREUS ARI MAKOM PANGERAN SURYA KUSUMAH/PANGERAN MEKAH ,ETA AYANA DI TANAH SUCI MEKAH,NUHUN PERMIOS.

  33. Janteun hoyong naliti sajarah ka gunung gede jeng gunung nulain euy

  34. Nama Ayah saya Raden Erawati Surya Kencana, tapi ayah saya sudah meninggal tahun 1991. Sebelumnya saya tidak tahu siapa kakek n buyut saya dari ayah. Sampai suatu saat saya diberitahukan oleh seorang ustadz bahwa ayah saya adalah anak dari Dalem Cikundul Raden Aria Wiratanu Datar dan buyut saya adalah Eyang Wangsa Gofarana. Saya binguing benar atau tidak yaa semua ini. Mohon infonya.. Nama Saya Mohamad Sofyan, no tlp 08176954178, email. ms.mohamadsofyan@gmail.com ..jika ada yang tahu detail..mohon infonya yaa..Terima kasih

  35. salam kenal

  36. assalamu’alaikum sampurasun… ari nu namina eyang suryakancana bin dalem aria witanu jaya susana ti manten tah…

  37. assallamualaikum wr wb.semoga bisa menjadi pencerah…”Yang saya tahu…babad orang sunda berpusat ke kerajaan Galuh..terus ke sumedang trus ke Garut-Bandung Bogor – Sukabumi Cianjur Purwakarta.”Klo anda ini merasa keturunannya….mohon di bawa terah keturunannya…jadi supaya twu sendiri dri mana asal muasalnya. “”mana abdi dalam -abdi luar..mana menak terah.asli atw turunan…demikian terimakasih wassalamualaiku wr wb

  38. Saya mungkin keturunan jawa cina sunda alias nano nano. Hehehe. Kakek uyut saya pangeran koboy yg ga suka dikeraton. Dari jawa mataram mengelana hingga pasundan. Dari raden soeryokestoro metamorfosis jadi raden suryakastara. Senengnya pindah2. Kadang di banten. Kadang di cibadak. Kadang di pelabuhan ratu. Sukanya naik jaguar belang kakinya empat. Ada yg panggil mbah gede. Ada yg bilang mbah uyo. Nyokap dulu dimimpiin gue lagi main sama si belang tanpa rasa takut pas mau diusir karena nyokap takut. Tiba tiba muncul bapak bapak gagah pakai baju kaya jawara silat. Hitam hitam. Mirip gambar om raden berkumis baplang dan pakai blangkon seperti hasil browsing mbah google. Pas nyuci mobil di senayan. Ada sesama pencuci ajak ngobrol dan nyerocos tiba2 kalau dia liat gue aneh. Kaya ada magnet nya dan bilang gue keturunan raden patah. Jengah juga dengernya. Abis ga enak sama yg lain yg duduk di sebelah. Lagian ane ga kenal dia. So lebih banyak iya iya pasiv gitu. Hehehe. Pas main ke mesjid jatinegara kaum. Mau sol duh. Karena pagi pagi kebetulan mampir situ (tapi rada aneh juga sih. Batin ini kaya ditarik buat nyekar ke makam bersejarah) trus ane dideketin sama aki aki sepuh yg ajak ngobrol dengan ramahnya kaya udah lama kenal dan dia bilang lagi liat gue kaya ada magnetnya
    Merinding merinding gituh hehehe. Aneh. Cici angkat gue almarhum yg punya six sense bilang kalo ada yg harus sering diajakin ngobrol sama gue. Ga tau apa dan siapa tapi tiap gue ucap dalam hati pasti ada yg jawab. Lalu ada temen gue yg chinese bilang kalo kakak gue ikut ikut mulu tapi baik. Kakak virtual maksudna hehehe dan dia bilang gue ada bakat jadi praktisi sup ranatural kaya dia. Ada yg bilang ane buyut na sn xjg. Ada yg bilang sn gn jt. Tau ah gelap. Mana yg bener. Kalo orang kumis tuh itam. Gue punya kenapa merah. Putih. Pirang. Itam. Ada 4 warna kalo diliat dari dekat. Aneh. Pernah dalam semalam yg sama ane dan nyokap yg tidur dikamar yg beda kita mimpi yg sama. Didatangi si tigor belang kuning emas. Dan malam itu angin bertiup kencang sekali dari arah lereng gunung gede. Ada juga rambut tumbuh ganjil sendiri di bagian tubuh ane. Panjang tapi cuma satu atau dua aja. Simetris kanan dan kiri jumlahnya sama. Ini tanda atau rambut iseng ya? Ane muslim. Mama suka larang buat ngulik. Takut terjerumus syirik. Apa yg salah sama gue ya. Jadi takut kadang kadang mah……

  39. kalo yang saya tau ..
    eyang hji surya kencana memakai kalung dan di kalung tersebut ada buletan nya warna hitam
    saya tau dari guru saya yang memakai khodam tersebut

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: